Sabtu, 03 Desember 2011

Cara menjadi wanita berkepribadian baik


Pada garis besarnya ,wanita secarah fitrah diciptakan dengan keistimewaan segi perasaannya yang begitu sensitif dan lelaki dengan keistimewaan segi rationya yang sangat menonjol, akan melahirkan kekuatan yang positif bila dipadukan dan didudukkan pada proporsi masing-masing secara benar. Demikian sunatullah telah menetapkan bagi makhluk-NYA, sehingga dapat dikatakan bahwa peran wanita dalam kehidupan ini tidak kalah pentingnya dari peran laki-laki. Menjadi wanita berkepribadian yang baik tentulah harapan bagi setiap wanita. Berikut tips menjadi wanita yang benar-benar di cintai karena kepribadian yang baik dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari.
1.  Jangan biarkan diri anda banyak bicara
Jangan sekali-kali Anda berupaya membuat orang lain mau menerima pendapat anda tentang berbagai masalahyang mempunyai banyak sisi pandang. Sebaliknya,kemukakanlah pendapat Anda dengan tenang,tidak tergesa-gesa, tidak mendesak, dan tidak pula bersikap tegang. Hindarilah sikap banyak menentangdan mengkritik, karena sikap ini justru akan menghilangkan kerehatan bagi pikiran Anda dan membuatAnda tidak simpatik.Ungkapkanlah pendapat Anda dengan kata-kata yang lemah lembut, simpatik, serta dengan perlahan dan tenang.
2. Berusaha untuk menyebutkan nama orang lain dengan benar
Nama adalah milik berharga dan bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah.Bila ragu tanyakanlah bagaimana melafalkan dan menulis namanya dengan benar.Dalam pembicaraan sebutkan nama sesering mungkin.
3. Buatlah orang lain merasa dirinya sebagai orang penting
Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama,katakanlah maaf bila salah, tepatilah janji dsb. hargai setiap perkataannya, buat dia menjadi malu karena kita peduli padanya.
4. Jadilah pendengar yang baik
Apabila bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah orang lain kesempatan untuk bicara. Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasehatinya bila tidak diminta.
5. Bersikaplah ramah dan sopan
Semua orang akan senang bila diperlakukan dengan ramah. Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai.Keramahan membuat orang lain merasa betah didekat anda. Jadi bersikap ramahlah kepada siapapun.
6. Bermurah Hati
Anda tidak akan menjadi miskin karena memberi dan tidak akan kekurangan karena berbagi. Seorang yang bijak pernah menulis,Orang yang murah hati adalah orang yang berbuat baik pada dirinya sendiri. Dengan demikian kemurahan hati di satu sisi baik buat Anda, dan di sisi lain berguna bagi orang lain.
7. Hindari kebiasaan mengkritik, mencela,atau menganggap remeh
Pada umumnya orang tidak suka kelemahannya diketahui orang lain, apalagi dipermalukan. Jangan suka mengumpat orang lain, mempergunjingkan perihal mereka, mencela, dan mendiskreditkan mereka. Semua iti menyerang langsung ke pusat harga diri dan bisa membuat orang mempertahankan diri dengan sikap yang tidak bersahabat.
8. Bersikaplah Asertif
Orang yang disukai bukanlah orang yang selalu berkata YA, tetapi orang yang bisa berkata TIDAK bila diperlukan. Sewaktu-waktu bisa saja prinsip dan pendapat Anda berseberangan dengan orang lain. Anda tidak harus menyesuaikan diri atau memaksakan  mereka untuk menyesuaikan diri dengan Anda. Jangan takut untuk berbeda dengan orang lain. Yang penting perbedaan itu tidak menimbulkan konflik,tapi menimbulkan sikap saling pengertian. Sikap Asertif  selalu lebih dihargai dibandingkan sikap Yesman.
9. Cintailah diri sendiri
Mencintai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya, menyukai dan melakukan apapun yang terbaik untuk diri sendiri. Ini berbeda dengan egois yang mementingkan diri sendiri.Semakin Anda menyukai diri sendiri, semakin mudah Anda menyukai orang lain, maka semakin besar peluang Anda untuk disukai orang lain. Dengan menerima dan menyukai diri sendiri, Anda akan mudah  menyesuaikan diri dengan orang lain, menerima mereka dengan segala kekurangan dan keterbatasannya,bekerjasama dengan mereka dan menyukai mereka. Pada saat yang sama tanpa disadari Anda memancarkan pesona pribadi yang bisa membuat orang lain menyukai anda.
Bagaimana,,,,apakah kita sudah memenuhi kriteria diatas? semoga tips ini bisa berguna untuk membangun pribadi yang mempesona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar